Senin, 19 November 2012

Ciri-Ciri teori organisasi



HAKEKAT dan CIRI-CIRI SUATU ORGANISASI
Manusia adalah mahluk sosial yang cenderung untuk hidup bermasyarakat.Di samping itu manusia mempunyai kecenderungan juga untuk mengatur dan mengorganisasi kegiatan – kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan. Tetapi kemampuan kerja setiap manusia terbatas baik fisik, daya pikir, waktu, tempat, pendidikan dan masih banyak lagi yang membatasi kegiatan manusia.
Organisasi tersebut juga banyak mengandung definisi. Hampir setiap disiplin ilmu pengetahuan mencoba untuk mendefinisikn apa arti organisasi dari sudut pandangan masing-masing disiplin.Para ahli sosiologi  yang melihat faset lain organisasi, tentukan akan mendefinisikan organisasi dari sudut pandangan ilmu sosiologi dan sebagainnya.
Beberapa ciri atau atribut organisasi dapat diperinci sebagai berikut :
1.   Organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang diterapkan.
2.   Organisasi dikembangkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Oleh karena itu organisasi adalah kreasi sosial yang memerlukan aturan dan  kooperasi.
3.   Organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun. Kegiatan-kegiatan dibedakan menurut berbagai pola yang logis. Koordinasi bagian-bagian tugas yang saling tergantung ini memerlukan penugasan wewenang dan komunikasi.
4.   Organisasi adalah instrumen sosial yang mempunyai batasan-batasan yang secara relatif dapat diidentifikasikan dan keberadaannya mempunyai basis yang relatif permanen.

Jadi organisasi kita mengertikan :
1.   Sebagai suatu lembaga sosial yang secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
2.   Terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
3.   Mempunyai batasan-batasan yang secara relatif dapat diidentifikasikan dan keberadaannya mempunyai basis relatif permanen.
4.   Kemudian organisasi dikembangkan untuk tujuan-tujuan tertentu. Maksudnya untuk satu tujuan.

DEFINISI ORGANISASI dan UNSUR
Organisasi sering kita artikan sebagai kelompok orang yang bersama-sama ingin mencapai tujuan yang sama.Organisasi mempunyai arti lebih luas dari itu. Menurut Ernest Dale oranisasi sebagai suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang – orang dalam suatu kelompok kerja. Jadi organisasi jua merupakan kumpulan dari peranan, hubungan dan tanggung jawab dan tanggung jawab yang jelas dan tetap, paling tidak dalam jangka waktu pendek.
Organisasi disusun untuk tidak hanya mengatur orang-orangnya, tetapi juga membentuk dan memodifikasi struktur dimana didalamnya tersusun tugas-tugas orang tersebut.Disini juga harus ada pembagi peranan untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama.
Cyril Soffer memberikan definisi  organisasi yang memperjelas masalah tersebut : organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberikan peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja dalam mana pekerjaan itu diperinci menjai tugas-tugas, dibagikan untuk para pemegang peranan dan kemudian digabung kedalam beberapa bentuk hasil.Organisasi sebagai suatu sistem peranan.
Perusahaan yaitu suatu bentuk organisasi, atau lebih tepatnya suatu organisasi produksi yang meliputi berbagai fungsi yang dikoordinasi untuk memproduksi yang meliputi berbagai fungsibyang dikoorinasi untuk memproduksi sebagai barang dan jasa tertentu dan tujuan ekonominnya tergantung pada perbandingan kekuasaan dalam organisasi tersebut. Kast dan Rosenzweig memberikan definisi organisasi perusahaan sebagai:

a)   Suatu subsistem dari lingkungan yang lebih luas.
b)  Terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada tujuan.
c)   Suatu subsistem tehnik, yaitu orang-orang yang berkerjasama pada berbagai kegiatan yang tepasu.
d)  Suatu subsistem psikososial, yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan sosial.
e)  Suatu subsistem, struktural, yaitu orang-orang yang berkerjabersama dalam berbagai kegiatan yang terpadu.
f)   Suatu subsistem manajerial yang merencanakan dan mengendalikan semua usaha.
Jadi, hakekat suatu oraganisasi (Perusahaan) yaitu adanya orang-orang yang usahaannya harus dikoordinasikan, tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan saling bergantung, bekerja bersama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang. Selain itu juga mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar