HAKEKAT dan CIRI-CIRI SUATU
ORGANISASI
Manusia
adalah mahluk sosial yang cenderung untuk hidup bermasyarakat.Di samping itu
manusia mempunyai kecenderungan juga untuk mengatur dan mengorganisasi kegiatan
– kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan. Tetapi kemampuan kerja setiap
manusia terbatas baik fisik, daya pikir, waktu, tempat, pendidikan dan masih
banyak lagi yang membatasi kegiatan manusia.
Organisasi
tersebut juga banyak mengandung definisi. Hampir setiap disiplin ilmu
pengetahuan mencoba untuk mendefinisikn apa arti organisasi dari sudut pandangan
masing-masing disiplin.Para ahli sosiologi
yang melihat faset lain organisasi, tentukan akan mendefinisikan
organisasi dari sudut pandangan ilmu sosiologi dan sebagainnya.
Beberapa
ciri atau atribut organisasi dapat diperinci sebagai berikut :
1. Organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang
diterapkan.
2. Organisasi dikembangkan untuk
mencapai tujuan-tujuan tertentu. Oleh karena itu organisasi adalah kreasi
sosial yang memerlukan aturan dan
kooperasi.
3. Organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja
disusun. Kegiatan-kegiatan dibedakan menurut berbagai pola yang logis. Koordinasi
bagian-bagian tugas yang saling tergantung ini memerlukan penugasan wewenang
dan komunikasi.
4. Organisasi adalah instrumen sosial yang mempunyai
batasan-batasan yang secara relatif dapat diidentifikasikan dan keberadaannya
mempunyai basis yang relatif permanen.
Jadi
organisasi kita mengertikan :
1. Sebagai suatu lembaga sosial yang secara sadar
dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun.
2. Terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola
interaksi yang ditetapkan.
3. Mempunyai batasan-batasan yang secara relatif dapat
diidentifikasikan dan keberadaannya mempunyai basis relatif permanen.
4. Kemudian organisasi dikembangkan untuk tujuan-tujuan
tertentu. Maksudnya untuk satu tujuan.
DEFINISI ORGANISASI dan
UNSUR
Organisasi sering kita artikan sebagai kelompok orang yang
bersama-sama ingin mencapai tujuan yang sama.Organisasi mempunyai arti lebih
luas dari itu. Menurut Ernest Dale oranisasi sebagai suatu proses perencanaan
yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau
pola hubungan-hubungan kerja dari orang – orang dalam suatu kelompok kerja.
Jadi organisasi jua merupakan kumpulan dari peranan, hubungan dan tanggung
jawab dan tanggung jawab yang jelas dan tetap, paling tidak dalam jangka waktu
pendek.
Organisasi disusun untuk tidak hanya mengatur
orang-orangnya, tetapi juga membentuk dan memodifikasi struktur dimana
didalamnya tersusun tugas-tugas orang tersebut.Disini juga harus ada pembagi
peranan untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara bersama-sama.
Cyril Soffer memberikan definisi organisasi yang memperjelas masalah tersebut
: organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberikan
peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja dalam mana
pekerjaan itu diperinci menjai tugas-tugas, dibagikan untuk para pemegang
peranan dan kemudian digabung kedalam beberapa bentuk hasil.Organisasi sebagai
suatu sistem peranan.
Perusahaan yaitu suatu bentuk organisasi, atau lebih
tepatnya suatu organisasi produksi yang meliputi berbagai fungsi yang
dikoordinasi untuk memproduksi yang meliputi berbagai fungsibyang dikoorinasi
untuk memproduksi sebagai barang dan jasa tertentu dan tujuan ekonominnya
tergantung pada perbandingan kekuasaan dalam organisasi tersebut. Kast dan
Rosenzweig memberikan definisi organisasi perusahaan sebagai:
a) Suatu subsistem
dari lingkungan yang lebih luas.
b) Terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada tujuan.
c) Suatu subsistem tehnik, yaitu orang-orang yang
berkerjasama pada berbagai kegiatan yang tepasu.
d) Suatu subsistem psikososial, yaitu orang-orang yang
terlibat dalam hubungan sosial.
e) Suatu subsistem,
struktural, yaitu orang-orang yang berkerjabersama dalam berbagai kegiatan yang terpadu.
f) Suatu subsistem manajerial yang merencanakan dan mengendalikan
semua usaha.
Jadi,
hakekat suatu oraganisasi (Perusahaan) yaitu adanya orang-orang yang usahaannya
harus dikoordinasikan, tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan
dan saling bergantung, bekerja bersama atas dasar pembagian kerja, peran dan
wewenang. Selain itu juga mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar