ORGANISASI SECARA FORMAL
Sepertinnya
telah disebutkan sebelumnya, organisasi adalah bentuk lembaga yag dominan dalam
masyarakat mdern kita. Organisasi bagian dai fundamental keberaddaan kita, yang
meliputi dan meresapi seluruh aspek kehidupan sekarang ini.Hampir semua orang
menjadi bagian dari organisasidan tanpa ragu-ragu saling bergabung dan bekerja
bersama didalamnya.Benar adannya bahwa kita semua mempunyai gagasan umum dan
lagi logika tentang bagaimana organisasi berfungsi, tetapi hanya
dengan mempelajarinnya kita dapat memperoleh perspektif atau pandangan yang
diperlukan untuk memperbaiki dan mengembangkan pemahaman kita mengenai cara-cara organisasi beroperasi.Untuk memperjelas kita
kutip pendapat Cormin dan Edelfelt sebagai berikut :
Setiap
orang diantara kita mempunyai berbagai
gagasan tentang bagaimana organisasi-organisasi berperasi berdasarkan pada
“pengetahuan jalanan” dari pengalaman pribadi. Kita pernah menukarkan cek di
suatu ban, atau memesan tempat disuatu hotel, atau berobat kerumah sakit.Bila kkta dihadapkan pada
bermacam-macam masalah tersebut, maka kita dipaksa untuk menggunakan teori tentang bagaimana organisasi beroperasi
sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tertentu.
Beberapa
alasan untuk mempelajari organisasi secara formal :
1. Organisasi adalah suatu bagian dasar keberadaan kita yang
mencakup seluruh aspek masyarakat
sekarang.Tidak menjadi persoalan dari mana kita memandang organisasi, kita adalah
objek atau sebjek pengaruhnya.Ini sendiri merupakan justifikasi usaha kita
untuk mempelajari organisasi.
2. Dengan mempelajari organisasi kita akan dapat secara lebih
baik mengembangkan pemahaman kita terhadap
bagaimana organisasi beroperasi dan banyak cara dengan mana organisasi
dapat dirancang atau disusun.Pengetahuan tentang hal ini,tentu saja sangat
diperlukan bila kita akan menghadapi tentangan perancangan organisasi yang
sedang berkembang.
3. Studi organisasi mempunyai nilai praktis sangat besar baik
untuk para manager sekarang maupun masa depan.Pengetahuan tentang bagaimana
organisasi berfungsi meningkatkan kemampuan kita untuk mengantisipasi berbagai jenis masalah yang mungkin kita hadapi dalam
pekerjaan dan pada saat yang sama, memperbesar probabilitas keberhasilan kita
dalam situasi-situasi tersebut.
Tiga unsur
pokok organisasi formal yg selalu muncul dalam literatur-literatur manajemen
adalah:
1. Sistem
kegiatan yang terkoordinasi. Organisasi,dalam kenyataanya, selalu terdiri dari
bagian-bagian dan hubungan-hubungan. Bagian-bagian organisasi merupakan
kegiatan-kegiatan atau fungsi-fungsi yang dilaksanakan dan saling berhubungan.
2. Kelompok
orang. Dibutuhkan adanya sekelompok orang yg melaksanakan kegiatan-kegiatan
organisasi.
3. Kerjasama
untuk mencapai tujuan. Organisasi tersusun atas dasar hubungan atasan dan
bawahan. Sehingga kekuasaan adalah suatu unsure organisasi formal yang harus
ada. Kepemimpinan mencerminkan kualitas orang yang tepat dalam usaha kerjasama
untuk mencapai tujuan.
KESIMPULAN
Organisasi
adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah
setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah
struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok
orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama
mencapai tujuan tertentu.
Adapun ciri-ciri dari
organisasi adalah :
- Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
- Adanya kerja sama.
- Adanya tujuan.
- Adanya sasaran.
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus
ditaati.
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar