Senin, 19 November 2012

Organisasi secara formal



ORGANISASI SECARA FORMAL
Sepertinnya telah disebutkan sebelumnya, organisasi adalah bentuk lembaga yag dominan dalam masyarakat mdern kita. Organisasi bagian dai fundamental keberaddaan kita, yang meliputi dan meresapi seluruh aspek kehidupan sekarang ini.Hampir semua orang menjadi bagian dari organisasidan tanpa ragu-ragu saling bergabung dan bekerja bersama didalamnya.Benar adannya bahwa kita semua mempunyai gagasan umum dan lagi logika tentang bagaimana organisasi berfungsi, tetapi hanya dengan mempelajarinnya kita dapat memperoleh perspektif atau pandangan yang diperlukan untuk memperbaiki dan mengembangkan pemahaman kita mengenai cara-cara organisasi beroperasi.Untuk memperjelas kita kutip pendapat Cormin dan Edelfelt sebagai berikut :
Setiap orang diantara kita  mempunyai berbagai gagasan tentang bagaimana organisasi-organisasi berperasi berdasarkan pada “pengetahuan jalanan” dari pengalaman pribadi. Kita pernah menukarkan cek di suatu ban, atau memesan tempat disuatu hotel, atau berobat  kerumah sakit.Bila kkta dihadapkan pada bermacam-macam masalah tersebut, maka kita dipaksa  untuk menggunakan teori  tentang bagaimana organisasi beroperasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tertentu.
Beberapa alasan untuk mempelajari organisasi secara formal :
1.   Organisasi adalah suatu bagian dasar keberadaan kita yang mencakup seluruh  aspek masyarakat sekarang.Tidak menjadi persoalan dari mana kita memandang organisasi, kita adalah objek atau sebjek pengaruhnya.Ini sendiri merupakan justifikasi usaha kita untuk mempelajari organisasi.
2.   Dengan mempelajari organisasi kita akan dapat secara lebih baik mengembangkan pemahaman kita terhadap  bagaimana organisasi beroperasi dan banyak cara dengan mana organisasi dapat dirancang atau disusun.Pengetahuan tentang hal ini,tentu saja sangat diperlukan bila kita akan menghadapi tentangan perancangan organisasi yang sedang berkembang.
3.   Studi organisasi mempunyai nilai praktis sangat besar baik untuk para manager sekarang maupun masa depan.Pengetahuan tentang bagaimana organisasi berfungsi meningkatkan kemampuan kita untuk mengantisipasi  berbagai jenis  masalah yang mungkin kita hadapi dalam pekerjaan dan pada saat yang sama, memperbesar probabilitas keberhasilan kita dalam situasi-situasi tersebut.
Tiga unsur pokok organisasi formal yg selalu muncul dalam literatur-literatur manajemen adalah:
1.    Sistem kegiatan yang terkoordinasi. Organisasi,dalam kenyataanya, selalu terdiri dari bagian-bagian dan hubungan-hubungan. Bagian-bagian organisasi merupakan kegiatan-kegiatan atau fungsi-fungsi yang dilaksanakan dan saling berhubungan.
2.    Kelompok orang. Dibutuhkan adanya sekelompok orang yg melaksanakan kegiatan-kegiatan organisasi.
3.    Kerjasama untuk mencapai tujuan. Organisasi tersusun atas dasar hubungan atasan dan bawahan. Sehingga kekuasaan adalah suatu unsure organisasi formal yang harus ada. Kepemimpinan mencerminkan kualitas orang yang tepat dalam usaha kerjasama untuk mencapai tujuan.






KESIMPULAN
Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
-     Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
-     Adanya kerja sama.
-     Adanya tujuan.
-     Adanya sasaran.
-     Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
-     Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar